Ciri Khas Interior Rumah Vintage Rustic

Setelah mengetahui Apa itu Desain Rumah Rustic pada artikel sebelumnya, maka saatnya sekarang anda mengetahui apa ciri khas interior rumah vintage rustic.

Sebenarnya tidak sulit untuk mengetahui ciri rumah rustik. Mungkin anda pernah melihat desain seperti dibawah ini di suatu tempat, dan anda merasakan suasana yang jadul tapi nyaman, nah mungkin itu tempat bisa disebut bergaya rustik.

Berikut adalah beberapa cirinya :

1. Banyak Menggunakan Bahan Alam dan Membentuk Suasana Pedesaan.

Desain rumah ini banyak digunakan di daerah pedesaan karena memang inspirasinya datang dari alam liar yang masih belum banyak tersentuh budaya modern. Sehingga yang menyukai suasana pegunungan atau alam bebas gaya rustic sangat cocok.

rustik bahan alam
rustik bahan alam

Sedangkan untuk bahan utama pada desain rustic biasanya lebih menggunakan desain furnitur atau bahkan eksterior kayu, besi tempa, batu alam, logam, dan bahan alami lain seperti linen, katun, wol dan bahkan bahan kulit.

Desain rumah rustic sering dikaitkan dengan gaya natural serta kesan apa adanya namun tetap menarik. Dengan desain rustic membawa kita dalam suasana pedesaan. Desain ini kemudian menjadi desain vintage dengan gaya eksklusif yang mahal dan mewah bagi banyak orang.

2. Furnitur Interior Rustic Setengah Matang
ustic setengah matang
rustic setengah matang via coziem.com

Furnitur-furniturnya memiliki permukaan tidak rata dan terkesan belum selesai dikerjakan sepenuhnya. Tidak diselesaikan betul bukan berarti desain ini tidak siap untuk ditampilkan. Desain ini justru memberikan kesan tersendiri yaitu meminimalisir penggunaan teknologi agar menonjol bahan aslinya.

Sesuai dengan definisi tema rustic yang juga mengedepankan keaslian alam. Karena tidak melalui tahap furnishing, maka furnitur yang dihasilkan jadi lebih kasar,. Akan tetapi justru di situ daya tariknya. Ini justru memberikan kesan apa adanya yang lebih sederhana namun menjadi eksotik.

3. Contoh Rumah Model Rustic
contoh rumah model rustic
rumah rustik bahan setengah matang

Kesan tradisional, etnik, dan hangat khas rumah – rumah jaman dahulu di perdesaan menjadi identitas utama dari desain ini. Sebenarnya secara konsep, gaya rustic ini mirip dengan interior rumah tradisional khas Indonesia. Tetapi yang dimaksudkan disini rustic lebih condong mirip rumah bergaya country.

Memilih konsep rustic ini sebagian besar dilakukan untuk merefresh pikiran seseorang. Umumnya dekorasi ini memang terkenal lebih mahal dibandingkan dekorasi lainnya. Khususnya di Indonesia. Namun yang ditawarkan memang lebih worth it dibandingkan yang lainnya.

Kesan alami dan menyatu dengan lingkungan yang di tawarkan oleh dekorasi rustic ini memang jarang didapatkan dari desain rumah modern lainnya. Material kayu yang sangat dekat dengan kesan alam justru malah memberikan nuansa yang berbeda ketika di finishing secara modern. Disnilah konsep rustic memberikan pembeda dengan meminimalisir penggunaan finishing material.

Dekorasi rumah rustic ini mencuri sebagian besar penikmat dekorasi interior. Suasana pedesaan yang nyaman kini bisa Anda ciptakan sendiri dirumah. Elemen lain untuk mendekorasi rumah rustic bisa Anda tambahkan seperti kolam ikan kecil, miniatur air terjun dan sebagainya yang dapat menyegarkan pikiran Anda saat dirumah.

Baca Juga : Ide Warna Keramik Lantai Dapur Yang Cantik

4. Dekorasi Rustic.

Dekorasi rumah rustic selalu mengaplikasikan kayu dengan desain kontemporer membuat rumah lebih nyaman dan asri. DIY dekorasi rumah rustic yang dapat kamu jadikan inspirasi untuk mendekorasi sendiri interior rumah kamu

decorasi rustik
decorasi rustik

kamar tidur dengan gaya rustic membuat kita seakan tinggal di pedesaan yang masih asri. Desain ini biasanya diminati oleh orang yang menyenangi kehidupan di alam bebas.

Gambar di atas merupakan ciri khas dekorasi jenis rumah rustik dengan furnitur alamnya, seperti lantai kayu, dan dinding batu. Kelebihan Lantai kayu memberikan kesan hangat untuk ruangan dan secara visual lebih eksotik dibandingkan lantai keramik biasa. Lantai ini memberikan kesan visual alami.

Selain itu lantai kayu membuat terasa lebih dingin saat siang hari dan lkebih hangat pada malam hari. Penggunaan lantai ini juga memberikan kesan elegan. Untuk motif dari lantai kayu cukup beragam, sehingga dapat memilih corak yang berbeda untuk tiap ruangan.

Kelebihan lain dari lantai kayu adalah tidak terlalu licin. Lantai kayu memiliki tekstur yang halus namun tidak licin. Sehingga membuat penghuni keluarga terhindar dari kemungkinan untuk tergelincir.

Elemen alam seperti kayu, bebatuan dan metal kini cukup populer dalam interior modern terutama bahan kayu. Kayu berwarna gelap atau pun warna kayu asli akan sangat eksotis. Beruntung kita tinggal di Indonesia, karena banyaknya material kayu seperti kayu jati, kayu kamper, merbau dan yang lainnya.

exterior rumah rustic
Pemanfaatan Tanaman Untuk Elemen Bergaya rustic

Dekorasi rumah rustic tidak melulu dengan tema kayu kok. Anda bisa saja menambahkan material berupa metal yang kamu jadikan lemari, meja atau kursi. Seperti yang saya sebutkan di atas. Unfurnished furnitur tetap menjadi pilihan utama dalam dekorasi rumah rustic ini.

Dalam mendesain rumah dengan tema rustic, hal yang paling harus di ingat adalah bagaimana membuat kesan alami mendominasi di keseluruhan ruang. Penambahan jendela berukuran besar juga akan menambah kesan dekat dengan alam. Selain itu. Rumah pun akan menjadi lebih terang dengan cahaya langsung dari matahari. Tanaman-tanaman hias akan sangat membantu keasrian dekorasi rumah vintage rustic Anda. Tapi gunakanlah tanaman asli untuk kesan yang lebih asri!